Senin, 25 Februari 2013

LAPORAN KEGIATAN

      MINGGU PERTAMA DI UJUNG PULAU JAWA

                 Perjalananku ke ujung pulau Jawa tepatnya di Kabupaten Pandeglang tidak direncanakan sebelumnya,bahkan tidak terpikir kalau akhirnyha saya akan menginjakan kaki di ujung pulau Jawa ini. Sebuah pesan singkat yang berisi penugasan untuk mengganti posisi teman yang tidak dapat berangkat untuk magang ke ujung pulau Jawa ini mengantarku menginjakan kaki ditempat ini.
Saya berangkat dari Pamulang pada hari sabtu tanggal 16 februari 2013 bersama bapak Direktur Seamolec menuju Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pandeglang. Kami diterima oleh pejabat dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pandeglang dilanjutkan dengan mengikuti “Workshop sehari Pandeglang Menjadi Kabupaten Vokasi” yang salah satu pembicaranya bapak Direktur Seamolec bapak Dr. Gatot Hari Priowirjanto.
Salah satu tujuan berangkat ke pandeglang ini adalah untuk melakukan sosialisasi pembuatan digital book dan edmodo sebagai media pembelajaran jarak jauh.
Rencananya program sosialisasi ini akan dilakukan kesekolah smk yang ada di Kabupaten Pandeglang dengan cara beberapa guru dari beberapa smk datang ke satu SMK yang dijadikan sosialisasi.


         Dihari pertama tepatnya hari senin tanggal 18 februari 2013 kami melakukan sosialisasi kepada 30 siswa dari smkn 1 pandeglang yang tergabung dalam IT club disekolah ini. Proses penyampaian materi sedikit terhambat pada saat penyampaian edmodo dikarenakan tidak adanya koneksi internet yang tersedia.Selain kepada siswa sosialisasi ebook dan edmodo juga dilakukan kepada guru yang kebetulan sedang tidak mengajar. kami harus melakukan sosialisai secara perorangan karena sulitnya waktu yang tersedia karena padatnya jadwal yang dimiliki oleh guru di SMKN 1 Pandeglang.


Gambar suasana pelatihan edmodo dan ebook di SMKN 1 Pandeglang

         Dihari kedua , Selasa tanggal 19 februari 2013  kami masih menenmui hambatan yang sama yakni belum adanya koneksi internet dan sulitnya memperoleh jadwal sosialisasi karena berbenturan dengan jadwal uji kompetensi. Sosialisasi dilakukan kepada siswa pada saat jam pulang sekolah yang dikoordinir oleh bapak Teguh dari SMKN 1 Pandeglang.
Dihari ketiga tepatnya hari rabu tanggal 20 februari 2013 ini kami melakukan sosialisasi kepada 7 orang guru yang kebetulan memiliki jam kosong.



Gambar suasana pelatihan edmodo dan ebook di SMKN 1 Pandeglang

            Dihari keempat tepatnya hari Kamis tanggal 21 februari 2013 kami hanya memberi sosialisasi secara personal kepada guru yang sedang kosong dan menerima beberapa guru yang bertanya mengenai ebook dan edmodo.
           Dihari kelima tepatnya hari Jumat 22 februari 2013 kami melakukan sosialisasi di SMKN 3 Pandeglang yang jaraknya cukup jauh dan ditempuh kurang lebih satu jam setengah dari kota Pandeglang. Sosilaisasi dilakukan kepada perwakilan guru smk di zona selatan Kabupaten Pandeglang yang diikuti kurang lebih 60 guru. Kegiatan di smkn 3 pandeglang ini berlangsung selama 2 hari, hari pertama berlangsung dari jam 09.00 sampai dengan jam 14.00 WIB. Kegiatan hari pertama yaitu memberikan pelatihan mengenai cara membuat digital book.



Gambar suasana pelatihan edmodo dan ebook di SMKN 3 Pandeglang

         Untuk minggu kedua rencananya akan kembali ke SMK 1 Pandeglang dan sosialisasi ke siswa SMKN 3 Pandeglang.


0 komentar:

Posting Komentar